Monday 5 August 2013

Pengaruh Pendidikan Diniyah terhadap Perkembangan Akhlak Anak di Madrasah Lailiyah al-Falah Ploso Mojo Kediri


ABSTRAK

ALI MUSTOFA, 2013, Pengaruh Pendidikan Diniyah  terhadap Perkembangan Akhlak Anak di Madrasah Lailiyah al-Falah Ploso Mojo Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Yasin Nurfalah, M.Pd.I.

Kata Kunci :Pengaruh Pendidikan Diniyah, Perkembangan Akhlak Anak

Di dalam lembaga pendidikan Islam akan terjadi gesekan-gesekan moral, sehingga dapat mengubah sikap yang kurang baik menjadi lebih baik. Inilah salah satu contoh lingkungan yang diharapkan dapat membentuk manusia-manusia berbudi pekerti luhur dan dapat mengangkat martabat bangsa dari keterpurukan utamanya dari segi moral yang merupakan tujuan dari pendidikan Islam.
Dari uraian di atas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimanakah pengaruh pendidikan diniyah terhadap akhlak anak di Madrasah Lailiyah al-Falah? (2) Bagaimanakah peran pendidikan diniyah dalam mempengaruhi pembentukan akhlak dan kepribadian anak di Madrasah Lailiyah Al-Falah?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi.Adapun pembahasannya bersifat teoritis dan empirik disertai dengan memberikan analisa sesuai dengan yang ada.Dengan jumlah sampel 48 santri yang diambil secara acak (random) dan pelaksanaan di penelitian ini di Madrasah Lailiyah al-Falah Ploso Mojo Kediri, pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan di mantapkan dengan bantuan komputer program EXCEL 2010 for Windows dengan perintah CORREL.
Hasil penelitian yaitu: (1) Pendidikan Diniyah sangat berpengaruh terhadap perkembangan akhlak anak. Hal ini dapat dilihat dari angka korelasi sebesar 0,821 (2) Pengaruh pendidikan Diniyah terhadap perkembangan akhlak anak dalam kategori tinggi atau sangat kuat.Hal ini bisa dilihat menggunakan tabel interpretasi nilai korelasi yang berada di antara 0,800 dan 1,000.
Saran-saran yaitu: (1) Kepada pihak madrasah hendaknya lebih meningkatkan lagi penanaman akhlakul karimah karena keberhasilan penanaman akhlak inilah yang menjadi ciri khas dan unggulan pendidikan diniyah (2) kepada stake holder juga wali murid hendaknya lebih meningkatkan kepedulian dan peran aktifnya terhadap pendidikan diniyah karena pendidikan termasuk di dalamnya pendidikan diniyah adalah tanggung jawab bersama.

No comments:

Post a Comment