ABSTRAK
ALI MUSTOFA, 2013, Pengaruh Pendidikan
Diniyah terhadap Perkembangan Akhlak Anak
di Madrasah Lailiyah al-Falah Ploso Mojo Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah,
IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Yasin Nurfalah, M.Pd.I.
Kata Kunci :Pengaruh Pendidikan Diniyah, Perkembangan Akhlak Anak
Di dalam
lembaga pendidikan Islam akan terjadi gesekan-gesekan moral, sehingga dapat
mengubah sikap yang kurang baik menjadi lebih baik. Inilah salah satu contoh
lingkungan yang diharapkan dapat membentuk manusia-manusia berbudi pekerti
luhur dan dapat mengangkat martabat bangsa dari keterpurukan utamanya dari segi
moral yang merupakan tujuan dari pendidikan Islam.
Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif korelasi.Adapun pembahasannya bersifat
teoritis dan empirik disertai dengan memberikan analisa sesuai dengan yang
ada.Dengan jumlah sampel 48 santri yang diambil secara acak (random) dan
pelaksanaan di penelitian ini di Madrasah Lailiyah al-Falah Ploso Mojo Kediri,
pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan
teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan di mantapkan dengan bantuan komputer program EXCEL
2010 for Windows dengan perintah CORREL.
Hasil penelitian yaitu: (1) Pendidikan Diniyah
sangat berpengaruh terhadap perkembangan akhlak anak. Hal ini dapat dilihat
dari angka korelasi sebesar 0,821 (2) Pengaruh pendidikan Diniyah terhadap
perkembangan akhlak anak dalam kategori tinggi atau sangat kuat.Hal ini bisa
dilihat menggunakan tabel interpretasi nilai korelasi yang berada di antara
0,800 dan 1,000.
Saran-saran yaitu: (1) Kepada pihak madrasah hendaknya
lebih meningkatkan lagi penanaman akhlakul karimah karena keberhasilan
penanaman akhlak inilah yang menjadi ciri khas dan unggulan pendidikan diniyah
(2) kepada stake holder juga wali murid hendaknya lebih meningkatkan kepedulian
dan peran aktifnya terhadap pendidikan diniyah karena pendidikan termasuk di
dalamnya pendidikan diniyah adalah tanggung jawab bersama.
No comments:
Post a Comment